AS DUKUNG TALIBAN MENGHIRUP UDARA BEBAS

AS Dukung Taliban Menghirup Udara Bebas Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka siap untuk menghapus lebih banyak lagi nama anggota Taliban dari Daftar Hitam PBB sebagai upaya Afghanistan untuk membuka dialog dengan kelompok itu.

Washington menyatakan mendukung langkah itu untuk memfasilitasi perundingan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Jurubicara Departemen Luar Negeri AS, Philip Crowley menyatakan bahwa departemennya mendukung perubahan dalam daftar itu dan di masa mendatang juga mungkin mewujudkan beberapa perubahan baru. Demikian dilaporkan Press TV kemarin (Rabu,13/10)

Pemerintah Kabul baru-baru ini membentuk sebuah dewan perdamaian untuk bernegosiasi dengan Taliban, yang berjuang menggulingkan pemerintah Afghanistan sejak tahun 2001.

Awal pekan ini, Mantan Presiden Afghanistan Burhanuddin Rabbani terpilih sebagai ketua dewan perdamaian itu. Dewan Tinggi Perdamaian Afghanistan mengusulkan penghapusan sejumlah nama anggota Taliban dari Daftar Hitam.

Sementara itu, Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani mengatakan, upaya pemerintah Afghanistan untuk berdamai dengan Taliban akan gagal tanpa bantuan pemerintah Islamabad.

“Tidak ada yang dapat dilakukan tanpa kami, karena kami adalah bagian dari solusi, kami bukan bagian dari masalah,” kata Gilani.

Pada Agustus lalu, 45 militan Taliban, al-Qaeda dan afiliasinya telah dihapus dari daftar sanksi PBB. Nama-nama dalam daftar itu dikenakan beberapa sanksi antara lain, pembekuan aset, larangan bepergian, dan embargo senjata. (IRIB/RM/AR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s